Friday, January 4, 2013

Ditemukan Terapi Kanker yang Potensial


Kanker dan HIV merupakan penyakit yang menjadi momok karena belum ada obat yang bisa menyembuhkannya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell Stem Cell memfokuskan penelitian pada sitotoksik sel T, yaitu sel imun yang dapat mengenali secara cepat tanda-tanda dari sel kanker yang menyerangnya.
Saat sel asing, baik itu sel lain, virus, maupun bakteri menyerang, sebenarnya tubuh sudah membuat sendiri mekanisme pertahanan, yaitu dengan mengerahkan sel-sel imun untuk melawannya. Hanya, sistem pertahanan ini belum terlalu kuat untuk menghadapi penyakit, seperti kanker dan HIV. Oleh karena itu, para peneliti berharap dengan menyuntikkan sel tambahan, sistem imun pun dapat diperkuat dalam melawan kedua penyakit ini.
Penelitian ini melibatkan dua percobaan dengan target yang berbeda. Satu percobaan menargetkan sel kanker kulit, sedangkan yang lainnya menargetkan HIV. Para peneliti mengekstraksi sel T yang dapat melawan sel penyakit yang kemudian dikonversi menjadi sel punca sehingga jumlahnya dapat bertambah dengan cepat. Sel punca yang sudah diproduksi tadi dikonversi kembali menjadi sel T. Secara teori, sel T baru ini seharusnya lebih kuat untuk melawan kanker kulit dan HIV.

Para ilmuwan mengatakan bahwa temuan ini merupakan suatu terobosan yang inovatif, tetapi masih pada tahap awal.  "Apabila sel-sel T hasil rekayasa ini terbukti efektif, ini masih menjadi tantangan dalam menghasilkannya dengan jumlah besar, tetapi tetap aman dan ekonomis," katanya.
Pepatah bijak mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, Jika Anda sudah terkena tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain mengobati. Ada beberapa cara untuk melakukan pengobatan seperti berobat secara teratur di rumah sakit terdekat atau mengkonsumsi obat herbal secara teratur. Ada berbagai macam obat herbal yang bisa dikonsumsi seperti Propolis. Propolis ada berbagai jenis yang beredar di masyarakat seperti Propolis Diamond, Propolis Diamond Lite 20, Propolis Melia Sehat Sejahtera dll. Anda dapat memilihnya sebagai obat herbal alternatif selain berobat ke dokter. Silahkan kunjungan website Propolis Murah untuk mendapatkan harga bersaing.


No comments:

Post a Comment