Wednesday, January 23, 2013

Bahaya Mendiagnosa Penyakit Lewat Internet


Apakah Anda mengunjungi "dokter Google" lebih sering dari dokter di klinik? Anda tidak sendiri. Dalam sebuah survei tahun lalu di Amerika diketahui 35 persen responden mencocokkan gejala penyakitnya di internet dan mendiagnosa dirinya sendiri.

Masih menurut survei yang dilakukan The Pew Research Center's Internet & American Life Project itu, sekitar 41 responden mengatakan diagnosis sendiri itu ternyata dikonfirmasi kebenarannya oleh dokter.

Tetapi sekitar satu dari tiga responden mengaku tidak pernah pergi ke dokter untuk mencari opini kedua. Malahan, 18 persen responden mengatakan upaya mendiagnosis sendiri itu ternyata salah ketika ditanyakan ke dokter.


Meski survei yang melibatkan 3.000 responden itu sebenarnya dilakukan untuk mengetahui siapa yang mencari informasi kesehatan secara online, tetapi para profesional medis merasa khawatir dengan tren itu.

Menurut Khare ia sering menemukan pasien yang hidupnya menjadi penuh kecemasan karena mereka merasa menderita penyakit berat setelah mencocokkan gejala yang dirasakannya dengan informasi di internet.

Pilih yang terpercaya
Saringlah setiap informasi yang Anda baca dan carilah informasi dari sumber terpercaya. Misalnya situs resmi kementrian kesehatan, rumah sakit, dan beberapa situs kesehatan yang sudah diakui seperti Mayo Clinic.
Tetap pada target
Tetapi tahan perasaan itu dan tetaplah pada target Anda untuk mencari informasi tentang gejala yang dirasakan.

Cek dokter
Banyak orang yang khawatir tanpa alasan yang jelas. Jika informasi yang Anda baca membuat cemas, segera konsultasikan ke dokter. Ceritakan apa yang sudah Anda ketahui dari internet dan mintalah penjelasan detil dari dokter.
Ada berbagai macam obat herbal yang bisa dikonsumsi seperti Propolis. Propolis ada berbagai jenis yang beredar di masyarakat seperti Propolis Diamond, Propolis Diamond Lite 20, Propolis Melia Sehat Sejahtera dll. Anda dapat memilihnya sebagai obat herbal alternatif selain berobat ke dokter. Silahkan kunjungan website Propolis Murah untuk mendapatkan harga bersaing.

No comments:

Post a Comment